Senin, 13 November 2017

Keistimewaan dan Kelemahan Katuranggan Sisik Batu Rantai. Ayam aduan tidak terlepas dari katurangan yang diyakini memiliki kelebihan khusus. Katurangan sendiri bisa dijadikan sebagai tolok ukur untuk melihat kualitas ayam aduan juga bisa sebagai pertimbangan dalam memilih ayam yang ideal. Katurangan pada ayam aduan bisa dilihat salah satunya melalui sisik kaki, jika pada kesempatan sebelumnya penulis telah membahas secara gamblang mengenai keistimewaan sisik kaki batu lapak maka pada kali ini admin akan membuat tulisan mengenai kelebihan dan keistimewaan katurangan sisik batu rantai.

Sisik Batu Rantai, Batu Rantai, Ayam Bangkok, Ayam Aduan, Sabung Ayam, Sisik Ayam Super,
Katuranggan Sisik Batu Rantai


Keistimewaan ayam bangkok batu rantai :

  • Sisik batu rantai ini akan memilki sikap atau gaya tarung yang ulet meskipun ayam bangkok jenis ini dalam hal bertarung biasa saja.
  • Sisik batu rantai memilki mental yang istimewa ( kuat )
  • Sisik batu rantai memilki pukulan yang bisa membuat ayam lawan jadi sakit dan pedas
  • Sisik batu rantai mempunyai stamina yang mudah kembali. Caranya dengan memberi air ( pengairan ) maka stamina akan on lagi
  • Pukulan ayam Sisik batu ini mengena ke saraf ayam lawan

Kelemahan ayam bangkok batu  rantai :




  • Sisik batu rantai sangat rentai terkena penyakit bubul ayam, cara mengobati bubulen
  • Sisik batu rantai tidak cocok menjadi ayam jalu, lebih cocok menjadi ayam pukul
  • Sisik batu rantai pergerakanya kurang agresif alias kaku bak robot.
  • Sisik batu kurang cocok di abar di arena yang basah
Pada dasarnya banyak sekalih dari para botoh sabung ayam yang masih keliru membedakan antara jenis kaki batu lapak dan jenis kaki batu rantai yang memang terkesan hampir mirip. Jika pada katurangan sisik batu rantai posisi sisik pada kaki ayam berada di bawah bagian jari ayam bukan berada di tengah telapak kaki. Dengan begitu bisa dijadikan dasar perbedaan yang mutlak untuk mengenali ciri katurangan ini.

Dibeberapa daerah khususnya daerah Riau sudah tidak asing dengan ayam sisik batu rantai, selain memiliki tehnik pukul yang bagus ayam jenis ini juga memiliki bentuk tubuh yang ideal. Pukulan yang dilancarkan selalu mengenai sasaran, cepat dan gesit dalam menghindari serangan dan juga melancarkan serangan.

Dalam berbagai sumber naskah kuno,katuranggan batu rantai juga banyak di jabarkan seperti dalam kitab primbon jawa.yang mana ayam ini adalah ayam Tiban,ayam yang hanya bisa di pelihara atau di rawat oleh orang tertentu yang sudah di pilihnya.dan ayam ini akan muncul secara tiba-tiba tanpa di harapkan oleh sang pemiliknya.

Ayam bangkok sisik batu rantai adalah ayam bangkok yang memilki ciri di bagian bawah jari ada sisik kaki yang berderet ke ujung jari dan sisik tersebut terdapat di bagian jari, dan jika kita menemui ayam bangkok yang ada sisik di bagian tengah dan jari, itu dinamakan sisik batu lapak. Sisik batu rantai ini tentunya bisa menjadi salah satu cara dalam menentukan ayam bangkok yang baik untuk petarung.




0 komentar:

Posting Komentar